SEKILAS INFO
19-08-2019
  • 11 bulan yang lalu / Website SMPN 1 Cianjur dalam masa pengembangan

SMP Negeri 1 lahir pada tahun 1948 diprakarsai oleh tokoh-tokoh pendidikan di Kabupaten Cianjur seperti Raden Basoeki, Buldan Djojowiguna, Atik Warsojoyo. Keinginan masyarakat untuk mempunyai sekolah menengah pertama akhirnya terjawab meskipun dengan kondisi yang serba  terbatas. Pada awalnya kegiatan belajar mengajar dilaksanakan menumpang di SD dengan tenaga pengajar diambil dari beberapa guru SD yang ada di sekolah.  Selain sebagai salah seorang pemrakarsa, Raden Basoeki juga tercatat  sebagai Direktur  SMP pertama sejak tahun 1948 s.d 1952. Sejak tahun 1952 pucuk pimpinan SMP 1 berada pada tangan Endro Pranoto sampai tahun 1956. Pada saat kepemimpinan beliaulah  SMP 1 mulai berbenah dan menata diri untuk menjadi sekolah lanjutan yang layak di Cianjur. Selain sebagai Kepala Sekolah Endro Pranoto juga dikenal sebagai seniman yang menghasilkan lagu-lagu terutama mars pendidikan pada saat di Cianjur. Estapet kepemimpinan beralih sejak tahun 1962 s.d tahun 1970 kepada Muhamad Otjid. Sejak tahun 1970 kepemimpinan terus berubah  seiring dengan bergulirnya waktu dan berubahnya kebijakan. Sejak itu tercatat nama-nama Kepala Sekolah  seperti: E. Hidayat, Mardiyono, Aceng, Bachrul Hayat, Acip Sutarman,  M Sahal, Drs Oban Suhendra, Drs Agus Melani, Totoh Mustupa S.Pd dan saat ini SMP Negeri 1 dipimpin oleh Drs Dadang Setiawan.

Sejak tahun 2004 Direktorat Pembinaan SMP telah merintis Sekolah Standar Nasional (SSN). Pada dasarnya SSN adalah sekolah yang minimal telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana disebutkan dalam PP 19 tahun 2005 yang terdiri dari SKL ( Standar Kompetensi Lulusan, SI (Standar Isi), Standar Proses, Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Standar Pengelolaan, Standar Sarana, Standar Pembiyaan dan Standar Penilaian.

SMP Negeri 1 Cianjur adalah salah satu sekolah yang ditunjuk oleh direktorat sebagai rintisan SSN dari 1027 SMP SSN se- Indonesia. Penetapan SMP Negeri 1 sebagai SSN pertama di kabupaten Cianjur berdasarkan hasil perifikasi Direktorat Pembinaan SMP.
Setelah 3 tahun menjadi Sekolah Standar Nasional pada tahun 2007 SMP Negeri 1 Cianjur ditetapkan direktorat sebagai salah satu calon rintisan SMP ? Bertaraf Internasional ini merupakan implementasi dari UU Sistem Pendidikan Nasional  Nomor 20 Tahun 2003 pasal 50 ayat 3 bahwa ?pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan bertaraf internasional?